Soal Pretes/UKG Bidang Studi PPKn SMP

KUMPULAN latihan soal ukg pretes UTN PPGJ tingkat smp bidang studi ppkn Soal Pretes/UKG Bidang Studi PPKn SMP pretes 2019

Soal UKG Bidang Studi PPKn SMP
Soal UKG Bidang Studi PPKn SMP

KUMPULAN latihan soal ukg UTN PLPG PPGJ smp bidang studi ppkn

1. PPKn mencakup dimensi keterampilan kewarganegaraan yang materinya berisi .... 
A. sikap terhadap pemilu
B. pemecahan masalah sosial
C. pemahaman konstitusi negara
D. pemahaman hak asasi manusia

2. Apabila peserta didik diharapkan mampu memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, maka dimensi yang dikembangkan adalah …
A. Civic skill
B. Civic confident
C. Civic disposition
D. Civic knowledge

3. Tahapan penting pada saat pembahasan rumusan dasar Negara terjadi pada saat ….
A. Sidang PPKI
B. Sidang BPUPKI I
C. Sidang BPUPKI II
D. Sidang Panitia kecil

4. Penerapan Pancasila sebagai dasar Negara diwujudkan dalam ….
A. sistem pemerintahan Indonesia
B. sistem pemilihan ketua umum partai politik
C. struktur organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat
D. kedaulatan di tangan rakyat dan dilaksanakan oleh MPR

5. Pada sidang pertama tanggal 18 Agustus 1945, PPKI menetapkan Undang-Undang Dasar yang terdiri dari.…

A.Pembukaan dan Pasal-Pasal serta Penjelasan
B. Aturan Tambahan serta Penjelasan Pembukaan dan Pasal-Pasal
C. Pembukaan, Batang Tubuh, empat pasal Aturan Peralihan dan dua ayat tambahan
D. Pembukaan, Batang Tubuh, empat pasal Aturan Peralihan dan dua ayat Aturan Tambahan

6. Menurut Soekarno UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
dirumuskan sebagai konstitusi revolusi, karena ….
A. perumusan dilakukan dalam situasi perang dan  dalam waktu yang singkat
B. perumusan dilakukan oleh sekelompok panitia kecil yang dibentuk oleh BPUPKI
C. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hanya mengandung pokok-pokok saja

D. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disahkan oleh PPKI, bukan oleh Konstituante


7. Indonesia mendesak PBB untuk segera mengakui kemerdekaan  bangsa Palestina. Hal tersebut sesuai dengan isi dan makna dari Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea ....
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat

8. Fungsi dan tujuan negara Indonesia  tertuang dalam Pembukaan UUD NRI  Tahun 1945 alinea …
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat

9. Menurut UUD Negara RI Tahun 1945, Kedaulatan  berada  di  tangan rakyat  dan  dilaksanakan….
A. oleh MPR
B. oleh Presiden
C. berdasarkan UU
D. menurut  Undang-Undang Dasar

10. Fungsi legislasi DPR diwujudkan dalam bentuk ....
A. penggunaan anggaran
B. pengawasan pemerintah
C. membentuk Badan Anggaran
D. pembuatan Rancangan Undang-Undang

11. Sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa manusia sesungguhnya memiliki derajat dan martabat yang sama, oleh karenanya itu manusia memiliki....
A. Jabatan yang sama
B. Keahlian yang sama 
C. Hak-hak dasar yang sama
D. Hak dan kewajiban yang sama

12. Jaminan universal bahwa kemerdekaan dan kebebasan adalah hak segala bangsa termaktub dalam Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945 alinea .... 
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat

13. Norma kesusilaan bersifat unversal dalam arti bebas dari dimensi ruang dan waktu, dan bersumber pada....
A. budaya
B. masyarakat
C. adat-istiadat
D. hati nurani manusia

14. Materi muatan yang harus diatur dalam Peraturan Pemerintah adalah ....
A. materi untuk menjalankan Undang-Undang
B. pengesahan perjanjian internasional tertentu
C. materi yang diperintahkan oleh Undang-Undang
D. materi untuk melaksanakan penyelenggaraan kekuasaan pemerintah

15. Arti penting hukum bagi warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah....
A. menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat
B. mengendalikan perilaku/ tingkah laku masyarakat
C. mengatur pergaulan hidup bermasyarakat
D. membatasi kebebasan masyarakat

16. Ketika seseorang membayar pajak, maka pada prinsipnya ia  menaati aturan hukum dalam kehidupan …
A. Nasional
B. Keluarga
C. Bernegara
D. Bermasyarakat

17. Pentingnya keberagaman sosial-budaya sebagai modal dasar dan motivasi untuk ....
A. terbentuknya masyarakat madani  
B. terciptanya kerukunan dalam membangun NKRI
C. terwujudnya pembangunan nasional yang menyeluruh dan merata 
D. semangat melakukan aktivitas sehari-hari demi kemakmuran bersama

18. Pengertian Bhinneka Tunggal Ika adalah ….
A. beraneka satu itu
B. berbeda-beda tetapi tetap satu
C. berbeda-beda dalam satu kesatuan
D. berbeda-beda tetapi tetap satu bangsa

19. Unsur konstitutif berdirinya sebuah negara terdiri dari …
A. rakyat, wilayah, dan pengakuan dari PBB
B. rakyat, wilayah, dan pengakuan negara lain
C. rakyat, wilayah, dan pernyataan Proklamasi
D. rakyat, wilayah, dan pemerintahan yang berdaulat.

20. Peran setiap daerah dalam memperjuangkan  kemerdekaan  Republik Indonesia adalah ….
A. berjuang untuk kemajuan daerahnya
B. berjuang bersama-sama seluruh daerah
C. berjuang bersama-sama daerah sekitarnya
D. berjuang untuk mempertahankan daerahnya

BAGIAN B KOMPETENSI PEDAGOGIK
PPKn SMP 

21. Teori belajar dimana seorang Guru PPKn dalam mengajar yang dipentingkan adalah terjadinya perubahan tingkah-laku peserta didiknya, baik secara pengetahuan, sikap maupun ketrampilan
adalah ....
A. Kognitif
B. Humanistik
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik

22. Guru menayangkan video “pelanggaran lalu lintas di jalan raya”, yang dilanjutkan dengan kegiatan stimulasi. Untuk meningkatkan pengetahuan dan rasa keingintahuan peserta didik, guru memfasilitasinya dengan kegiatan ….
A. Menanya
B. Mengamati
C. Mengasosiasi
D. Mengumpulkan

23. gaya atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar disebut…
A. model pembelajaran
B. metode pembelajaran
C. strategi pembelajaran
D. pendekatan pembelajaran

24. Penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang memberikan  kesempatan kepada peserta didik bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi atas permasalahan dunia nyata, maka penerapan model pembelajarannya adalah ....
A. problem based learning
B. project based learning
C. discovery learning
D. inquiry learning

25. penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap,  menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang  sesungguhnya disebut…
A. prinsip penilaian
B. fungsi penilaian
C. penilaian autentik
D. pendekatan penilaian

26. contoh bentuk penilaian autentik adalah...
A. tes
B. ujian
C. ulangan
D. portofolio

27. Proses pembelajaran di kelas dalam mewujudkan ketercapaian  kompetensi dasar hendaknya dilakukan berpedoman pada ….
A. LKS
B. RPP
C. Indikator
D. lembar pengamatan

28. data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar disebut…
A. alat belajar
B. sumber belajar
C. media belajar
D. teknologi pembalajaran

29.Gambar, foto, majalah dinding, LCD, dan film merupakan contoh dari
A. alat belajar
B. alat bantu belajar
C. media pembelajaran
D. teknologi pembalajaran

30. Penelitian tindakan kelas berangkat dari kesadaran kritis guru
terhadap persoalan yang terkait dengan ....
A. proses pembelajaran yang sesuai RPP
B. motivasi belajar peserta didik yang rendah
C. rancangan  pembelajaran yang berubah-ubah  
D. tujuan pembelajaran yang sering tidak tercapai

Soal Pretes/UKG Bidang Studi PPKn SMP



Kunci Jawaban Di atas

Soal Soal UKG Bidang Studi PPKn SMP lainnya bisa  diunduh di link di bawah

Link copied to clipboard.